Rabu, 12 September 2012

Tugas PMPG - Impian Pengembangan Media Pembelajaran


Nama  : Nahrowi
NIM   : 110721435133
Kelas K / Offr. AA 2011

Mimpi Saya Setelah Mendapatkan Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Geografi
Mimpi saya adalah, membuat game edukasi geografi berbasis Ms. Power Point untuk merangsang minat belajar siswa agar lebih giat dalam belajar. Saat ini siswa cenderung bosan dengan model pembelajaran yang ada, dengan guru sebagai peran utama dalam kelas. Guru hanya monotone berceramah di kelas, sedangkan siswa membutuhkan sebuah angin segar dalam proses pembelajaran. Berhubung saat ini yang saya tekuni adalah Microsoft Office, Saya bermimpi untuk bisa membuat game edukasi geografi berbasis Ms. Power Point dengan desain sederhana  tetapi menampilkan efek visual yang begitu menarik.
Untuk mencapai mimpi ini, langkah-langkah yang akan saya lakukan adalah:
a.       Browsing gambar, template, animasi, wallpaper, dll.
b.      Mencari literatur ke perpustakaan & internet.
c.       Bertanya kepada orang yang lebih ahli dalam desain komunikasi visual.
d.      Mencari  aplikasi pendukung dalam membuat  game.
e.       Mewujudkan mimpi saya
Dalam kehidupan sehari-hari, siswa telah sering bergelut dengan teknologi yang ada. Mereka cenderung lebih suka dengan pembelajaran yang dikemas dengan permainan. Dengan begitu, siswa tidak akan merasa bosan dan waktu akan terasa berlalu dengan cepat karena pembelajaran yang berlangsung secara interaktif. 
Dalam konteks ini, pendidik juga harus  membuat suasana dalam kelas berjalan baik, siswa ikut berperan aktif ketika belajar maka kondisi belajar tak akan membosankan. Sehingga suasana kelas akan menjadi hidup dengan adanya hubungan timbal balik antara guru dan siswa.

0 komentar:

Posting Komentar